Tryout UTBK-SNBT Gratis

Heboh! Beredar Surat Edaran UTBK 2025 Terdapat TKA, Bagaimana Kebenarannya?

utbk snbt 2025 ada tka?

Baru-baru ini beredar informasi bahwa UTBK-SNBT tahun 2025 terdapat TKA (Tes Kompetensi Akademik).

Jika pada tahun 2024 UTBK-SNBT hanya ada TPS dan Tes Literasi, di tahun 2025 terdapat mata ujian tambahan berdasarkan prodi yang dipilih. Itulah yang dirumorkan masalah mata ujian UTBK-SNBT. Lalu bagaimana kebenarannya?

Mengulik Isi Surat Edaran No 2 Tahun 2024 KEMENDIKBUD RISTEK DIKTI

 Rumor yang mengatakan tahun 2025 terdapat TKA adalah bersumber dari surat edaran no 2 tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan tersebut. Lalu apa isi dari surat edaran tersebut?

Isi surat edaran tersebut memang menghimbau Perguruan Tinggi Negeri untuk menyesuiakan sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, karena adanya kurikulum merdeka.

Pada surat edaran tersebut disebutkan bahwa mata ujian SAINTEK dan SOSHUM tidak lagi menggunakan sistem paket, melainkan cukup dengan maksimal 2 mata kuliah pada program studi yang di ambil.

Contohnya, calon mahasiswa yang mengambil program studi teknik, maka mata uji hanya Matematika Lanjut dan/atau Fisika.


Apakah Penyesuaian Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tersebut Berlaku di UTBK-SNBT 2025?

Berdasarkan informasi yang diberikan di laman kompas.com Kepala BP3 Rahmawati telah menyampaikan bahwa penyesuaian sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut hanya berlaku untuk Seleksi Mandiri yang dilakukan masing-masing PTN dan tidak berlaku pada Seleksi Nasional (dalam hal ini adalah UTBK-SNBT 2025).

Surat edaran tersebut memang ditujukan kepada PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri, namun banyak orang yang mengira bahwa surat edaran tersebut berlaku secara keseluruhan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru baik Mandiri ataupun Nasional.


Apakah Mata Uji UTBK-SNBT Tahun 2025 Berubah?

Hingga saat ini belum ada informasi resmi dari BP3 Kemendikbud Ristek terkait ada atau tidaknya perubahan mata uji pada UTBK-SNBT 2025. 

Menurut pendapat penulis, sepertinya mata uji UBTK-SNBT tahun 2025 tidak jauh berbeda dengan tahun 2024 dimana terdiri dari soal TPS dan Tes Literasi. 

Jika kurikulum merdeka sudah diimplementasikan pada seluruh Sekolah Menengah, ada kemungkinan mata uji UTBK-SNBT akan berubah.

Agar tidak bingung mata uji apa yang ingin kamu pelajari untuk mempersiapkan UTBK-SNBT tahun 2025, maka serahkan saja pada ahlinya. 

Di Simbus PTN kamu akan dibimbing oleh master tutor yang berasal dari PTN unggulan Indonesia. Kurikulum yang kami terapkan terus menyesuaikan peraturan terbaru dari BP3 Kemendikbud, sehingga jika terjadi perubahan, maka tim ahli Simbus PTN akan langsung menyesuaikan.


Daftar Simbus PTN Klik DISINI.


Referensi: 

AfiAfAfifah, M. N. (2024, July 1). Benarkah Materi TKA Bakal Diujikan di SNBT 2025? Ini Kata Kemendikbud Ristek. KOMPAS.comhttps://www.kompas.com/tren/read/2024/07/01/193000465/benarkah-materi-tka-bakal-diujikan-di-snbt-2025-ini-kata-kemendikbud-ristek



Surat Edaran No 2 Tahun 2024: https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/05/Surat-Edaran-Nomor-2-Tahun-2024.pdf

Penulis: Saiful Afrirudin

Posting Komentar