Tryout UTBK-SNBT Gratis

7 Rekomendasi AI Terbaik untuk Pelajar

rekomendasi ai untuk pelajar

Artikel ini akan membahas lengkap daftar ai terbaik untuk pelajar.

Munculnya Chat GPT merevolusi perkembangan teknologi AI di dunia. AI banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah untuk pendidikan. 

Ya AI tidak sekedar untuk membuat konten seperti yang sekarang sering muncul diberanda social media. 

AI juga bisa dimanfaatkan untuk pendidikan, mulai dari mencari referensi, melakukan perhitungan, memecahkan teka-teki yang rumit dan lain sebagainya.

Jadi berikut adalah rekomendasi ai terbaik untuk pelajar.

1. Chat GPT

Chat GPT meruapakan Artificial Intellegence yang dikembangkan oleh OpenAI. Sejak kemunculan pertamanya pada 30 November 202, Chat GPT menjadi Chat AI dengan pengguna terbanyak.

Sebagai pelajar, kita bisa memanfaatkan Chat GPT untuk berbagai hal, diantaranya:

  • Membantu pemahaman materi. Chat GPT mampu merangkum dan memberikan penjelasan materi yang kita pelajari disekolah sesuai dengan kemampuan pemahaman kita. 
  • Mengerjakan tugas atau PR. Secara teknis Chat GPT memang mampu membantu kita mengerjakan tugas atau PR, namun akan lebih bijak jika kita tidak bergantung penuh pada Chat GPT untuk mengerjakan tugas.
  • Menulis dan Mengedit. Chat GPT memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membuat tulisan, dan jika kita membutuhkan Chat GPT untuk mengedit tulisan yang telah dibuat Chat GPT juga bisa melakukannya.

2. QuillBot

Rekomendasi AI untuk pelajar selanjutnya adalah QuillBot. AI ini bisa kita manfaatkan untuk penulisan. Jika kita mendapatkan tugas untuk menulis, dengan QuillBot kita bisa melakukan Paraphraser, Grammar Checker, hingga terdapat Ai Detector. 

https://quillbot.com/

3. Otter.ai

Ingin punya Asisten Pencatatan Pribadi? Otter Ai bisa menjadi solusinya. Otter Ai membantu kita dalam melakukan pencatatan secara otomatis setiap pembelajaran yang kita lakukan secara daring seperti menggunakan Google Meet ataupun Zoom.

Ai ini akan sangat berguna bagi pelajar yang sering melakukan pembelajaran secara online, karena dengan Otter Ai pencatatan materi akan dilakukan secara otomatis sehingga kita bisa fokus berdiskusi dengan pengajar.

4. Canva

Mungkin beberapa dari kita sudah tahu Canva adalah alat desain secara online. Canva menyediakan banyak template desain untuk berbagai kebutuhan. 

Canva juga mengikuti perkembangan zaman dengan meluncurkan Fitur Ai mereka. Dengan adanya AI di Canva kita bisa membuat desain dengan mudah tanpa perlu memikirkan copywriting di dalamnya karena bisa dibantu dengan Canva AI.

5. Adobe Express & Firefly

Bagi kita yang sekolah dibidang desain, Adobe Express & Friefly akan sangat membantu. AI ini memiliki kemampuan membuat gambar atau desain sesuai dengan perintah yang kita tulis. 

Semakin baik prompt atau intruksi yang kita berikan AI dari Adobe ini akan menghasilkan gambar atau desain yang berkualitas. 

Kalau dulunya kita mengedit dan memanipulasi gambar menggunakan Photoshop harus manual, kita dengan tambahan Adobe Firefly kita bisa mengeditnya dengan mudah. 

6. QuizGecko

Menurut penulis, AI ini menjadi rekomendasi ai untuk pelajar yang wajib kita coba. Karena dengan AI ini kita bisa menghasilkan quis-quis dari materi yang kita upload. 

Dengan adanya QuizGecko kita bisa mendalami materi dengan mudah melalui quis yang dihasilkan oleh AI. Bagusnya lagi QuizGecko terdapat aplikasi versi mobile, sehinga kita bisa mengaksesnya dengan cepat.

QuizGecko juga kita bisa manfaatkan sebagai pembelajaran sebelum menghadapi ujian SNBT. Kita bisa generate soal-soal UTBK-SNBT sehingga bisa melakukan tryout utbk secara mandiri.

Beberapa fitur QuizGecko yang akan bermanfaat bagi pelajar:

- Exam Question Generator

  • Printable Quiz Generator
  • True or False Generator
  • Generate Questions from PDFs
  • Free Question And Answer Generator
  • AI Powered Multiple Choice Quiz Generator
  • Study Notes Generator | Create Organized & Effective Study Materials

7. StepWise Math For Students

AI yang satu ini juga tidak kalah bagus dengan yang lain. AI khusus untuk pembelajaran matematika ini akan sangat berguna bagi pelajar untuk memecahkan berbagai masalah dalam matematika.

StepWise Math dapat menangani masalah matematika sederhana hingga kompleks. Ini membantu Kita menyelesaikan berbagai masalah seperti kalkulus, integrasi, dan persamaan diferensial. 

Selain itu, StepWise AI juga bisa membuat kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar Kita. AI yang ada di StepWise juga akan memberikan tugas dan lembar kerja lalu memberikan umpan balik yang lengkap.


Jadi itulah beberapa rekomendasi AI untuk pelajar. Secanggih apapun AI yang ada sekarang ini, kalau kita tidak bisa memanfaatkannya maka kecanggihan itu akan sia-sia (setidaknya untuk diri kita sendiri).


Terus belajar dan ikuti perkembangan zaman.

Posting Komentar