Tryout UTBK-SNBT Gratis

Persiapan Masuk Kuliah Mulai dari Kelas 11? Perhatikan Hal Berikut!

persiapan masuk kuliah sejak kelas 11

Hai Sobat Simbus. Memasuki kelas 11 apakah kita perlu mempersiapan masuk kuliah? Lalu bagaimana persiapan yang harus dilakukan? Apa saja hal yang harus diperhatikan saat mempersiapan kuliah dari kelas 11? Mari kita bahas di artikel ini.

Apakah Tepat Belajar UTBK mulai dari kelas 11?

Mempersiapan UTBK-SNBT lebih awal tentu menjadi hal yang baik. Tapi perlu diingat apakah sudah tepat kalau baru kelas 11 kita sudah mempersiapan UTBK-SNBT?

Untuk menjawab ini, kami akan mengambil beberapa kutipan yang ada di Quora (forum tanya jawab). Terdapat salah satu pertanyaan di platform Quora yang kurang lebih menanyakan "bagaimana sistem snbt 2025, karena saya ingin belajar dari kelas 11".

Lalu bagaimana tanggapan para pengguna Quora yang lain?

Kesimpulan dari beberapa tanggapan pengguna Quora adalah mereka menyarankan jika masih kelas 11 sebaiknya untuk fokus mengejar prestasi yang lain seperti mengikuti lomba, baik itu tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. 


Bagaimana Jika Ingin Mempersiapan UTBK atau Persiapan Masuk Kuliah dari Kelas 11?

Mempersiapkan kuliah sejak kelas 11 juga tidak salah kok. Jika ingin curi start, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Ketahui Minat dan Bakat Diri

Mau kuliah di jurusan apa? target pekerjaan apa dimasa depan?

Untuk menentukan dua hal itu kita perlu mengetahui minat dan bakat diri. Jika tidak, bisa berdampak pada kesalahan pengambilan jurusan dan masa depan pekerjaan.

Bagaimana cara mengetahui minat dan bakat diri?

Terdapat beberapa cara, seperti: 

  • Melalui hobi. Biasanya kita mempunyai hobi yang relevan dengan suatu bakat, contohnya hobi bermain bola, main game, menonton film. Dari hobi tersebut kita bisa tahu minat kita dibidang apa, dan mungkin saja kita juga ada bakat terhadap hobi yang kita lakukan.
  • Tes Minat dan Bakat. Dijaman digital ini kita bisa mengetahui sedikit gambaran tentang minat dan bakat melalui tes online. 
  • Minta Pendapat Orang Lain. Tak ada salahnya kita juga menanyakan tentang bakat dan minat diri kita kepada orang lain, karena biasanya orang lain bisa menilai kemampuan kita terhadap suatu yang kita tekuni.

2. Pahami Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Jalur masuk antara Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri memiliki perbedaan. Bahkan jika kita ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri juga memiliki jalur masuk yang berbeda-beda, diantaranya terdapat SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. 

Kita harus tahu syarat dan ketentuan masing-masing jalur masuk Perguruan Tinggi tersebut. 

Sebagai contoh SNBP merupakan jalur prestasi, dimana hanya membutuhkan nilai raport dan prestasi akademik ataupun non akademik sebagai syarat untuk masuk ke PTN. Sedangkan SNBT adalah jalur ujian atau tes, dimana calon mahasiswa harus mengikuti tes dan mendapatkan nilai tertentu agar bisa diterima PTN tujuan.

Memahami jalur masuk perguruan tinggi menjadi penting karena akan berpengaruh pada strategi belajar kita nantinya.

3. Bisa Mengatur Waktu dan Atur Prioritas

Jika kita masih di kelas 11 dan ingin mempersiapan diri untuk masuk kuliah, kita harus bisa mengatur waktu antara belajar untuk persiapan kuliah dan belajar untuk mata pelajaran sekolah. Selain itu juga perlu mengatur prioritas, mana dulu yang harus kita kejar.

4. Mengikuti Bimbel dan Tryout SNBT

Sejak kelas 11 juga bisa mengikuti bimbingan belajar persiapan masuk PTN. Pilih bimbingan belajar jangka panjang sehingga kita bisa mendapatkan pembelajaran yang tersruktur. Salah satu bimbingan belajar dan mendapatkan fasilitas tryout adalah Simbus PTN. 

Di Simbus PTN kamu akan mendapatkan bimbingan belajar hingga lolos SNBT, dan mendapatkan tryout untuk menguji kemampuan.


Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan jika ingin mempersiapkan diri masuk kuliah sejak kelas 11. 

Posting Komentar