Tryout UTBK-SNBT Gratis

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Jurusan di UTBK-SNBT

tingkat persaingan jurusan snbt

Sobat simbut yang akan mengikuti UTBK-SNBT perlu mengatetahui tingkat persaingan program studi/jurusan kuliah yang nanti kita pilih.

Untuk mengetahui apakah jurusan tersebut tingkat persaingannya tinggi atau rendah, kita perlu tahu keketatan jurusan snbt.

Keketatan Jurusan

Keketatan jurusan adalah presentase peluang untuk mendapatkan kursi di jurusan PTN yang kita pilih saat UTBK-SNBT.

Bagaimana cara mengetahui keketatan jurusan? kita harus tahu dulu daya tampung dan peminat jurusan tersebut pada tahun-tahun sebelumnya.

Daya Tampung Program Studi SNBT

Sobat simbut bisa mengunjungi artikel kami tentang daya tampung dan peminat program studi snbt di website ini. Atau bisa langsung mengunjungi lamar resmi dari kemdikbud berikut ini : https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php

Cara Menghitung Keketatan Jurusan

Mari kita hitung keketatan jurusan di UTBK-SNBT tahun 2023. 

Rumus menghitung keketatan:

(Daya tampung : jumlah pendaftar/peminat) x 100%

Contoh:

Peminat Program Studi S1 Farmasi Universitas Gadjah Mada pada tahun 2023 adalah sebanyak 1.859, lalu daya tampung atau kuotanya hanya 72 mahasiswa.

Jadi keketatannya adalah

(72:1.859) x 100% = 4%

Jadi keketatan jurusan S1 Farmasi di Universitas Gadjah Mada adalah 4% alias hanya 4% orang yang diterima dari jumlah pendaftar 1.859.

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan

Jika sudah menghitung nilai keketatannya. Kita bisa mengetahui tingkat persaingan jurusan tersebut.

Semakin kecil angkanya maka semakin tinggi tingkat persaingannya. Sebaliknya, jika angka semakin besar, maka tingkat persaingannya rendah dan peluang masuknya tinggi. 

Posting Komentar

tryout gratis