Tryout UTBK-SNBT Gratis

Cara Mendapatkan Kuliah Gratis



Kuliah gratis atau makan gratis? 

Dua hal yang sama-sama penting. Tapi disini kita tidak akan membahas dua hal tersebut. Kita akan bahas salah satunya. Yaitu Kuliah Gratis.

Gimana cara agar kita mendapatkan kuliah gratis?

Sebenarnya jawabannya cuma satu yaitu Beasiswa. 

Beasiswa merupakan bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

Dalam hal ini kita membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan di Perguruan Tinggi.

Jenis-JeniS Beasiswa

Beasiswa adalah cara untuk mendapatkan kuliah gratis, akan tetapi kita perlu tahu jenis-jenis beasiswa berikut ini

Beasiswa Penuh

Jenis beasiswa yang menanggung keseluruhan kebutuhan kuliah, mulai dari biaya semester, uang pangkal, akomodasi, asuransi, biaya hidup, buku, penelitian, dan tiket. Nah jenis beasiswa inilah yang menjadikan kita kuliah gratis.

Beasiswa Parsial

Ibaratnya pendanaan pendidikan (kuliah) dibagi dua antara perorangan yang mendapatkan beasiswa dan si pemberi beasiswa itu sendiri.

Beasiswa Reguler

Jenis beasiswa ini ditargetkan untuk u mum yang akan melanjutkan ke jenjang magister atau doktor.

Beasiswa Targeted

Seperti namanya, beasiswa ini hanya berlaku untuk jenis pendidikan tertentu saja, yaitu PNS, TNI, dan POLRI

Beasiswa afirmasi

Merupakan jenis beasiswa yang ditujukan untuk penyandang disabilitas.


Macam-Macam Beasiswa Penuh di Indonesia

Agar bisa mendapatkan kuliah gratis, kita memerlukan beasiswa penuh. Berikut adalah macam-macam beasiswa penuh yang ada di Indonesia.


KIP Kuliah

Beasiswa penuh untuk kuliah gratis yang pertama adalah KIP Kuliah. 

KIP kuliah merupakan beasiswa resmi dari pemerintah. Pemerintah akan memberikan pembiayaan pendidikan kepada penerima KIP Kuliah mulai dari uang kuliah hingga biaya hidup sebesar 800 ribu rupiah. 

Akan tetapi, KIP kuliah hanya ditujukan bagi calon atau mahasiswa yang kesulitan dalam ekonominya, dan hanya yang memenuhi syarat yang bisa mendapatkan KIP Kuliah. 

Beasiswa Pertamina

Pertamina salah satu BUMN Indonesia juga membuka program beasiswa penuh. Beasiswa pertamina ditujukan kepada calon atau mahasiswa yang memiliki hasrat aksi sosial dan peduli lingkungan tinggi.

Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan sebuah lembaga di bawah kementerian keuangan. Beasiswa LPDP tidak hanya diperuntukan untuk pelajar yang tertarik kuliah di luar negeri. Calon mahasiswa dalam negeri juga bisa mendapatkan beasiswa ini, dengan persyaratan yang hampir sama dengan LPDP luar negeri. 

Beasiswa LPDP mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, sumbangan penelitian, publikasi, seminar, dan lain sebagainya.

Beasiswa Unggulan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengeluarkan beasiswa pemerintah ini kepada siswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Berbeda dengan beasiswa LPDP, beasiswa berprestasi diberikan setelah Anda resmi menjadi mahasiswa di kampus. Komponen beasiswa ini adalah biaya kuliah, tunjangan dan dukungan referensi untuk kuliah.

Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa D3, D4 dan S1 dalam negeri, serta mahasiswa yang belajar di PTN, PTS dan Universitas Ilmu Terapan. Ada dua jenis beasiswa yaitu beasiswa unggulan bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa reguler. Dana sebesar satu juta rupiah per bulan selama satu tahun disediakan untuk beasiswa ini.

Beaiswa Plus

Djarum Scholarship Plus merupakan salah satu program beasiswa dalam negeri yang tidak pernah sepi peminat. Beasiswa ini diberikan kepada  mahasiswa tingkat D4 dan S1. Anda akan mendapatkan 1 juta rupee untuk dana pendidikan setiap bulan selama satu tahun. Selain itu, kamu juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation, seperti character building, leadership development dan berbagai lomba.

Beasiswa Astra

dukungan PT. Astra Internasional diberikan kepada mahasiswa sarjana dari universitas di pulau Jawa. Program keuangan tersebut meliputi hibah pelatihan sebesar 5 juta euro per semester selama satu tahun, program mentoring yang komprehensif dan kesempatan magang di Grup Astra.

Beasaiswa Bakti Tani

Program beasiswa  ini merupakan kerjasama antara TaniFoundation dan  Khouw Kalbe Foundation. Beasiswa Bakti Tan diperuntukkan bagi anak-anak petani yang memiliki semangat untuk mengembangkan sektor pertanian di daerah asalnya. Pendanaan meliputi dana pendidikan Rp 6 juta  per semester, program pengembangan diri dan kesempatan magang atau kerjasama dengan TaniHub Group


Tips Agar Diterima Beassiwa untuk Kuliah Gratis

Jika sudah tahu jenis dan penyedia beasiswa di Indonesia, mari kita cari tahu cara agar bisa mendapatkan beasiswanya.

Pahami dengan Baik Syarat dan Ketentuan Beasiswa

Setiap lembaga penyedia beasiswa memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Sebagai calon mahasiswa yang ingin mendapatkan kuliah gratis lewat jalur beasiswa, kita perlu memahaminya dengan baik.

Siapkan Dokumen dengan Baik

Sipakan CV/Resume yang menonjolkan prestasi akademik, pengalaman kerja, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan penghargaan.

Siapkan juga transkip nilai terupdate dan sesuai permintaan beasiswa.

Dapatkan Surat Rekomendasi

Beberapa beasiswa memerlukan surat rekomendasi sebagai pembuktian bahwa kita layak menerima beasiswa tersebut. Mintalah surat rekomendasi tersebut kepada guru, dosen, atau lainnya yang mengenal kita dengan baik dan bisa memberikan penilaian positif tentang kemampuan dan karakter anda.

Ajukan Permohonan Lebih dari Satu

Diversifikasi: Ajukan permohonan ke beberapa beasiswa untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan salah satu dari mereka.

Perhatikan Tenggat Waktu

Organisasi: Buat jadwal yang membantu Anda mengatur waktu untuk menyiapkan dan mengirimkan semua aplikasi tepat waktu.

Kesesuaian dengan Kriteria

Fokus: Pilih beasiswa yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda, sehingga aplikasi Anda lebih relevan dan menarik bagi penyelenggara beasiswa.

Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Pengalaman Tambahan: Keterlibatan dalam organisasi, proyek sosial, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya dapat memperkuat aplikasi Anda dengan menunjukkan keterampilan kepemimpinan dan komitmen.

Posting Komentar