Tryout UTBK-SNBT Gratis

Persiapan Penting Sebelum Kuliah, Siswa Kelas 12 Harus Tahu

Persiapan Penting  Sebelum Kuliah

Hai Sobat Simbus. Sudah gak sabar memasuki dunia perkuliahan? 

Dunia perkuliahan memang asyik, tapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, sehingga perlu mempersiapkan diri sebelum masuk kulah.

Ada beberapa persiapan penting sebelum kuliah yang harus dipersiapkan oleh sobat simbus. 

Apa saja persiapan tersebut? yuk simak berikut ini:

Mempersiapkan Diri untuk Mengikuti Tahapan Seleksi

Tenutnya sebelum kita bisa berkuliah kita harus lolos pada tahap seleksi.  Dalam hal ini jalur SNBT adalah jalur yang populer di antara jalur masuk perguruan tinggi lainnya. 

SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes) merupakan ujian tulis yang diselenggarapan serentak oleh pemerintah. 

Kita sebagai calon mahasiswa harus bisa mempersiapkan diri menghadapi snbt atau jalur masuk lainnya.

Persiapan Administratif

Masing-masing perguruan tinggi memiliki syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Dalam mempersiapkan kuliah, kita harus tahu persyaratan administrasi apa yang diminta oleh pihak perguruan tinggi. Jadi, kita harus memastikan apakah persyaratan administrasi sudah lengkap sebelum memulai perkuliahan.

Tentukan dan Siapkan Tempat Tinggal

Jika Kamu dari luar kota dan berencana tinggal di asrama, pondok pesantren, atau kos, pastikan tempat tinggal Kamu sudah diatur dengan baik. Tempat tinggal sangat penting untuk kenyamanan sehari-hari, dan lebih baik jika Kamu mendapat yang dekat dengan kampus dan mudah diakses dengan transportasi.

Peralatan dan Buku Penunjang Kuliah

Sebelum memulai kuliah, pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti buku, laptop, dan lain-lain. Pastikan semuanya siap digunakan sebelum kuliah dimulai. Peralatan yang dibutuhkan tentu sesuai dengan kebutuhan program studi masing-masing. Selain itu, mencari buku sebagai penunjang kuliah juga sangat penting sebagai referensi awal sebelum memulai perkuliahan. Dengan mempelajari materi-materi yang akan diajarkan oleh dosen sebelumnya, kamu akan lebih siap mengikuti perkuliahan dan memahami materi dengan lebih baik.

Persiapan Mental

Dalam persiapan kuliah, menyiapkan mental juga penting untuk kita persiapkan. Pasalnya budaya kuliah akan jauh berbeda dengan Sekolah Menengah Atas. Banyak tantangan yang menunggu dan harus kita taklukan. Harapannya, dengan adanya persiapan mental sebelum berkuliah, kita bisa menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Persiapan Cyrcle Pertemanan Baru

Beberapa sumber mengatakan bahwa masa depanmu bisa dilihat dari temanmu. Maka dari itu memilih cyrcle pertemanan yang tepat sangatlah penting. Kita harus pintar dalam memilih teman, usahakan yang memang satu jalan dengan tujuanmu. Hati-hati dengan pertemanan yang toxic dan juga pergaulan bebas yang sering terjadi dilingkungan perkuliahan.

Belajar Atur Uang

Jika dimasa SMA kita belum bisa mengelola uang dengan baik. Maka sudah saatnya kita melek dengan Money Management. 

Money Management merupakan persiapan sebelum kuliah yang penting dipelajari oleh setiap orang.

Jangan sampai, akibat pengelolaan keuangan kita yang buruk berdampak pada kegiatan belajar/kuliah kita.


Demikian beberapa informasi mengenai persiapan penting sebelum berkuliah. 

Posting Komentar

tryout gratis