Tryout UTBK-SNBT Gratis

Deretan Kampus dengan Nuansa Paling Asri di Indonesia

kampus paling asri di Indonesia


Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "asri"?

Pasti terbayang dengan lingkungannya yang bersih, sejuk, dikelilingi oleh pepohonan, dan terasa lebih sehat dibandingkan dengan lingkungan lainnya. 

Coba bayangkan lagi jika tempat kamu menimba ilmu di perguruan tinggi merupakan lingkungan yang "asri". 

Pasti kita akan lebih tenang, dan ikhlas dalam menjalani berbagai kesibukan saat kuliah. 

Hal itu bukan cuma bisa kamu bayangkan jika berkuliah di kampus-kampus yang terkenal dengan nuansanya paling asri di Indonesia. 

Kira-kira kampus apa saja ya? apakah ada kampus tujuanmu? mari kita bahas di bawah ini.


Kampus Paling Hijau dan Asri di Indonesia


1. Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat

Gak perlu diraguin lagi, kampus ini bahkan dikenal dengan hutan kota karena saking banyaknya pepohonan disekitar gedung kampus. 

Berdasarkan pemeringkatan UI Greenmetric tahun 2023, Universitas Indonesia menjadi kampus paling asri nomor satu di Indonesia dengan total skor 8925 dari kelima penilaian yaitu Pengaturan & Infrastruktur, Energi & Perubahan Iklim, Limbah, Air, Transportasi, dan Pendidikan & Penelitian. 

Selain hijau dan asri, Universitas Indonesia juga menjadi kampus unggulan di Indonesia, dan salah satu terfavorit jalur SNBT. Yuk coba cek peluang lulus kamu jalur snbt di tryout utbk-snbt Simbus PTN.


2. Universitas Dipenogoro, Semarang, Jawa Tengah

Universitas Dipenogoro menjadi kampus paling asri nomor dua berdasarkan data UI Greenmetric tahun 2023 dengan score 8875.

Kampus ini terletak dipinggiran kota semarang yang masih asri dengan pepohonan dikelilingnya. Universitas Dipenogoro dirancang dengan konsep hijau dan berkelanjutan yang bertujuan bisa memberikan dampak positif untuk lingkungan sekitarnya.


3. Universitas Gadjah Mada, Sleman, D.I Yogyakarta

Orang Jogja kalau udah lewat kampus ini pasti berasa ademnya. Karena memang seasri itu guys Universitas Gadjah Mada yang ada di Depok, Sleman, DIY ini.

UGM menempati urutan ketiga kampus hijau terbaik di Indonesia Versi UI Greenmetric tahun 2023 dengan score 8850, beda 25 point dengan Universitas Dipenogoro. 


4. IPB University, Bogor, Jawa Barat

Menempati urutan ke empat berasal dari Jawa Barat nih Sobat Simbus. Kampus ini memiliki banyak ruang terbuka hijau, taman, dan area konservasi yang mendukung ekosistem lokal dan menciptakan lingkungan belajar yang sehat.

Selain itu, IPB juga terlibat dalam berbagai penelitian dan inovasi yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan.


5. Universitas Negeri Semarang

UNNES menjalankan berbagai program dan inisiatif lingkungan seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan konservasi air. Kampus ini juga aktif dalam mempromosikan transportasi ramah lingkungan dengan menyediakan fasilitas seperti jalur sepeda dan area parkir khusus untuk kendaraan listrik.


6. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu kampus hijau terbaik di Indonesia karena komitmen kuatnya terhadap keberlanjutan lingkungan yang tercermin dalam berbagai kebijakan dan inisiatifnya. UNS mengimplementasikan program konservasi dan pengelolaan lingkungan, termasuk pengembangan ruang terbuka hijau yang luas, pengelolaan sampah yang efisien, dan penggunaan energi terbarukan. 


7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS memprioritaskan pembangunan dan pengelolaan infrastruktur ramah lingkungan, termasuk penggunaan energi terbarukan, pengelolaan air yang efisien, dan pengurangan emisi karbon. Kampus ini juga memiliki banyak ruang hijau dan taman yang mendukung keanekaragaman hayati.


Demikian informasi 7 kampus paling asri di Indonesia. Mana favoritmu?

Posting Komentar

tryout gratis