Tryout UTBK-SNBT Gratis

Belajar Maksimal dengan Buku untuk Persiapan SNBT, Catat Caranya!

buku untuk persiapan snbt

Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) merupakan jalur resmi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Para siswa kelas akhir atau calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK-SNBT perlu mempersiapkan diri dengan matang. Salah satu media belajar yang populer hingga saat ini adalah buku snbt. Namun, banyak dari mereka belum bisa memaksimalkan belajar snbt menggunakan buku. 

Pada artikel ini, kita akan membahas cara memaksimalkan buku sebagai media belajar persiapan UTBK-SNBT. 

Keunggulan Buku Sebagai Media Pembelajaran

Walaupun sekarang sudah zamannya digital, buku cetak masih populer sebagai media belajar yang efektif. Apa saja keunggulan buku sebagai media belajar? hal ini telah dikemukakan oleh Zainudin Arif & W.P. Napitupulu (1997:39) yang menyatakan bahwa buku memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Buku secara aktif membantu proses belajar mandiri.
  2. Buku lebih mudah dibawa dan diproduksi.
  3. Buku dapat meliputi bidang pengetahuan yang lebih luas dan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
  4. Buku meningkatkan pemahaman dan penalaran sehingga para pembaca dapat memikirkan dan meninjau dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan program yang terikat waktu.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Buku untuk Persiapan SNBT?

Buku memang memiliki banyak keunggulan sebagai media belajar mandiri, akan tetapi tidak akan maksimal jika kita tidak tahu cara penggunaannya. Berikut ini cara memaksimalkan buku sebagai media belajar persiapan SNBT.

1. Mengetahui Materi Ujian SNBT

Sebelum kita membeli buku, terlebih dahulu mengetahui materi ujian snbt. Kita bisa langsung mengunjungi situ SNPMB dari kemdikbud untuk mengetahui materi apa saja yang akan diujikan.

2. Membeli Buku Sesuai Kebutuhan Belajar

Setelah kita tahu materi snbt, kita juga akan mengetahui kebutuhan belajar kita seperti apa. Apakah memerlukan buku yang lengkap dengan pembahasan materi, atau buku snbt yang berfokus pada pembahasan soal. 

Mengingat buku snbt di pasaran sangatlah banyak, dan tentunya kita tidak bisa membeli semuanya, maka dari itu kita harus tahu kebutuhan belajar sehingga bisa membeli bukunya dengan tepat.

3. Tentukan Jadwal Belajar Menggunakan Buku

Salah satu cara memaksimalkan buku sebagai media belajar persiapan SNBT adalah dengan membuat jadwal belajarnya. 

Tidak setiap waktu kita harus membaca buku, sesekali kita juga harus belajar dengan media lain seperti latihan mengerjakan soal lewat tryout snbt, hingga mengikuti bimbingan belajar dengan tutor profesional.

Buatlah jadwal yang paling nyaman untuk membuka buku, mengutip dari gramedia blog, salah satu waktu yang tepat untuk membaca buku adalah saat fajar/pagi hari. Karena tingkat fokus masih tinggi dan suasana pagi yang menenangkan.

4. Apakah Kamu Tipe yang Suka Belajar dengan Buku atau Video Tutorial?

Sebelum lanjut lagi, kita harus bisa menjawab pertanyaan ini. Apakah kita termasuk orang yang bisa belajar hanya dengan buku atau lebih suka langsung menonton video tutorial?

Jika jawabannya bisa belajar dengan buku, mari lanjut ke pembahasan selanjutnya.

5. Membuat Catatan Kecil dari Materi yang ada Dibuku

Menurut pengelaman penulis, belajar dengan buku akan lebih efektif jika kita juga mencatat point-point penting yang harus diperhatikan berdasarkan penjelasan yang ada dibuku. 

Biasanya dengan kita menulis, kita akan lebih kuat dalam mengingat, daripada hanya membacanya saja. 

Bahkan ada beberapa orang yang menulis ulang semua materi yang dibuku, biasanya itu metode belajar yang tidak memerlukan kecepatan pemahaman tapi lebih kedalaman pemahaman.

6. Membuat Kelompok Belajar

Bagi beberapa orang, belajar mandiri tidaklah cukup untuk menaklukan SNBT. Kita bisa membuat kelompok belajar yang mempunyai satu tujuan yaitu "lolos SNBT". Dengan begitu kita bisa salin tukar pikiran terkait materi yang diajarkan lewat buku tersebut. 

Kelompok belajar juga memudahkan kita memecahkan masalah apabila ada materi yang tidak terlalu dipahami.

7. Perhatikan dan Pahami Bentuk Soal yang Ada Dibuku

Buku SNBT seperti dari Simbus PTN disusun oleh para ahlinya, sehingga kualitas soalnya terjamin, dan tidak sedikit bentuk soalnya sama dengan SNBT aslinya. Oleh karena itu, kita perlu memahami satu persatu bentuk soal yang ada dibuku, dengan begitu kita akan paham soal yang akan keluar di SNBT.

8. Kerjakan Ulang Soal yang Ada Dibuku

Ini mirip dengan mengikuti tryout, bedanya kita langsung mengerjakan soal dibuku. Cara ini bisa meningkatkan pemahaman bentuk soal snbt dan kecepatan dalam menjawab soal.


Itulah 8 cara memaksimalkan buku sebagai media pembelajaran persiapan SNBT. Bagaimana apakah kamu salah satu orang yang belajar dengan buku untuk mempersiapkan SNBT? coba tulis di kolom komentar.

Posting Komentar