Tryout UTBK-SNBT Gratis

Baru Mulai Belajar SNBT? Begini Strategi Menguasai Materi SNBT

strategi menguasai materi snbt

Hai Sobat Simbus, tak terasa SNBT tinggal 2024 tinggal menghitung hari. Bagaimana dengan persiapannya? masih ada yang belum mempersiapkan karena kesibukan di kelas 12? tenang, kita akan bahas strategi menguasai materi snbt disini.

Strategi Menguasai Materi SNBT untuk Kamu yang Baru Mau Mulai Belajar

1. Pahami Blueprint

Setiap ujian termasuk UTBK-SNBT memiliki blueprint/cetak biru, yaitu sebuah panduan dalam penyusunan soal serta komponen-komponennya.

Blueprint juga sering dikenal dengan kisi-kisi ujian. Adapun materi ujian yang akan diujikan pada UTBK-SNBT tahun 2024 adalah sebagai berikut:

Tes Potensi Skolastik

  • Kemampuan Penalaran Umum (30 Soal, 30 Menit)
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (20 Soal, 15 Menit)
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (20 Soal, 25 Menit)
  • Pengetahuan Kuantitatif (15 Soal, 20 Menit)

Tes Literasi

Penalaran Matematika (20 Soal, 30 Menit)

UTBK-SNBT menggunakan sistem blocking time, yaitu sistem pengerjaan soal sesuai dengan subtes dan waktu yang telah ditentukan, jika waktu telah habis untuk mengerjakan soal per subtesnya, maka akan lanjut ke subtes berikutnya.

2. Perbanyak Latihan Soal

Strategi menguasai materi SNBT selanjutnya adalah dengan praktik mengerjakan soal. Kita bisa mengerjakan soal sesuai dengan kisi-kisi UTBK-SNBT, perbanyak latihan pada materi yang lemah, lalu perkuat pada materi yang kita kuasai.

Coba juga manajemen waktu saat mengerjakan latihan soal, dengan begitu kita terbiasa dengan tenggat waktu saat menghadapi UTBK.

3. Belajar dengan Buku SNBT

Buku persiapan SNBT juga bisa membantu untuk menguasai materi SNBT dengan waktu yang singkat. Dengan belajar menggunakan buku, kita akan lebih terarah, karena telah disusun sesuai blueprintnya, soal yang ada di dalamnya pun dibuat oleh ahlinya dan telah melewati proses seleksi yang ketat.

4. Ikut Bimbingan Belajar

Jika merasa belajar mandiri terlalu berat, maka sudah waktunya untuk mengikuti bimbingan belajar. Supaya belajar kita lebih terarah dan bisa berkonsultasi langsung dengan yang sudah ahli. Mengikuti bimbel snbt juga memudahkan kita dalam menyusun jadwal belajar, karena biasanya penyedia bimbel seperti di Simbus PTN sudah menyediakan jadwal belajar sesuai dengan materi yang akan muncul di SNBT.

5. Mengikuti Tryout Berbayar

Jika sudah melakukan tahapan belajar di atas, langganan tryout snbt berbayar juga menjadi opsi yang bagus. Tryout berbayar memiliki keuntungan seperti hasil analisanya yang lebih lengkap, bahkan ada analisa tiap subtesnya. 


Jadi kapan kamu akan mulai belajar untuk mempersiapkan UTBK-SNBT? kalau gak sekarang, kapan lagi? Yuk ikut bimbingan belajar di Simbus PTN, garansi sampai masuk PTN!


Referensi:

https://www.kompasiana.com/abdurrahmanhafis_23107030037/65da2d46de948f6c675bf713/snbt-2-bulan-lagi-tapi-kamu-belum-ada-persiapan-berikut-tips-trik-mengejar-materi-utbk

https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Posting Komentar

tryout gratis