Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 Cara Menjadi Mahasiswa Produktif

5 Cara Menjadi Mahasiswa Produktif

Sudah siap menjadi mahasiswa? artikel ini ditujukan untuk yang akan menjadi mahasiswa dan mahasiswa yang mungkin masih kurang produktif.

Perjuangan untuk menggapai impian memanglah tidak mudah. Mulai dari ujian masuk perguruan tingginya yang begitu ketat, saat sudah menjadi mahasiswapun kita harus bisa memaksimalkannya dengan cara menjadi mahasiswa produktif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan; mendatangkan; mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru.

Bagaimana cara menjadi mahasiswa produktif? berikut ini tips agar bisa menjadi mahasiswa yang produktif.


1. Membuat Rencana Pembelajaran

Kita sebagai mahasiswa mempunyai tugas yang penting yaitu "Belajar". Agar dapat mencapai produktifitas tinggi dalam belajar, kita harus menyusun rencana pembelajaran. 

Rencana belajar yang dimaksud adalah kita harus menentukan materi apa yang akan kita pelajari, bagaimana cara mempelajarinya (mungkin dengan bertanya langsung di kelas dan lain sebagainya), media apa yang kita butuhkan agar bisa menunjang pembelajaran tersebut. Dengan mengetahui dan menentukannya kita bisa meningkatkan produktifitas belajar.

Dalam penyusunan rencana belajar, bisa menggunakan strategi mind mapping. Baca selengkapnya tentang cara penyusunan mind mapping di Blog Simbus PTN.

2. Buat Rencana Kegiatan

Pernah dengar tentang orang jerman yang begitu taat pada jadwal yang mereka buat, hingga untuk nongkrong sekalipun harus dijadwalkan dari jauh-jauh hari. 

Agar bisa menjadi mahasiswa produktif, kita juga bisa meniru cara tersebut. Dengan cara membuat jadwal kegiatan, mulai dari jadwal harian yang berisi kegiatan pada hari tersebut, jadwal mingguan, hingga agenda kegiatan lainnya.

Membuat rencana kegiatan saat kuliah mungkin akan sulit bagi sebagian orang, tapi percayalah kalau kita bisa menaati jadwal yang kita buat, kedepannya kita akan menjadi orang yang rapih dan terstruktur.

3. Urutkan Prioritas

Malam minggu ngopi di cafe atau malam minggu kejar tugas agar minggunya bisa istirahat. Mana yang lebih prioritas? 

Mungkin jawabannya bisa relatif ya, tiap orang berbeda. Ada yang menganggap malam minggu itu waktunya untuk merefresh otak, ada juga yang memaksimalkannya untuk belajar dan mengerjakan tugas agar dihari minggunya bisa santai.

Dalam hal ini, kita harus tahu mana yang prioritas untuk diri kita sendiri. Kalau tahu mana yang prioritas, kita akan menjalani kegiatan dengan happy.

4. Buat List Deadline Tugas

Dengan mencatat semua deadline tugas kita juga bisa membuat urutan prioritas. Ingat jangan terlalu meremehkan deadline tugas, bahkan deadline tugas yang semudah membolak balikan telapak tanganpun perlu kita catat dan selesaikan sebelum waktunya.

Dengan membiasakan diri mencatat deadline tugas, mengerjakan, dan menyelesaikan sebelum deadline kita akan menjadi mahasiswa yang produktif.

5. Ikut Organisasi atau Kegiatan Kampus

Organisasi bisa membangun mental, baik mental dalam bersosialisasi ataupun mental untuk menguatkan karakter diri. Selain itu, hadir dalam setiap kegiatan kampus juga akan menambah wawasan baru dan meningkatkan produktifitas saat berkuliah.


Itulah kelima tips agar menjadi mahasiswa yang produktif. Mungkin kalian punya tips sendiri selain kelima tips di atas? yuk komen di kolom komentar.

Posting Komentar

tryout gratis