Tryout UTBK-SNBT Gratis

Kamu Harus Tahu, Apa itu KRS dan Cara Mengisinya


Memasuki dunia kuliah, kita sebagai calon atau mahasiswa baru pasti akan mendengar istilah-istilah yang masih asing ditelinga, salah satunya adalah KRS. Saat menempuh pendidikan di sekolah menengah atas kita tidak pernah mendengar istilah KRS, karena memang pada bangku sekolah KRS tidak digunakan. Namun, saat kuliah nanti kita akan sering berhadapan dengan yang mananya KRS.

Apa itu KRS? 

KRS singkatan dari Kartu Rencana Studi adalah sebuah kartu yang digunakan untuk menentukan mata kuliah dalam satu semester atau tahun akademik tertentu. 

Dalam proses penentuan mata kuliah tersebut, mahasiswa juga dimintai mengisi data tambahan seperti nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa (NIM), fakultas, semester sekarang, foto mahasiswa, jurusan, cap universitas, tanda tangan birokrasi atau dosen wali, dan tanda tangan kita sendiri.

Fungsi KRS

Fungsi dari Kartu Rencana Studi ini sendiri adalah untuk menunjukan rencana mata kuliah dan jadwal kuliah dalam satu semester sesuai jurusan masing-masing. KRS juga bisa berfungsi sebagai rekaman kegiatan perkuliahan dalam semester tersebut seperti ujian, dan nilai hasil perkuliahan dalam satu semester. 

Selain itu, fungsi KRS yang lebih penting adalah sebagai bukti bahwa mahasiswa telah mengambil sejumlah mata kuliah sebagai syarat kelulusan dan menjadi bukti mahasiswa tersebut masih aktif berkuliah. 

Mengapa KRS Wajib Diisi?

KRS seperti database yang harus diperbaharui setiap semesternya, jika kita tidak mengisi KRS, maka data kita tidak akan muncul di database tersebut, sehingga akan berakibat kita tidak bisa mengikuti kelas atau kegiatan perkuliahan. Maka dari itu, penting untuk kita mengisi KRS tepat waktu. Biasanya ada persyaratan-persyaratan tertentu agar kita bisa mengisi KRS. 

Cara Mengisi KRS Secara Online

Mengisi KRS secara online berbeda-beda tiap perguruan tinggi. Umumnya mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar akun terlebih dahulu, setelah itu login untuk mengakses dashboard KRS. 

Tampilan pengisian KRS biasanya berbentuk seperti formulir, ataupun daftar mata kuliah yang harus dicentang oleh mahasiswa. 

Posting Komentar

tryout gratis