Tryout UTBK-SNBT Gratis

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak Ekstrovert


Suka berinteraksi dengan orang banyak? apalagi berbicara di depan umum? ada loh jurusan yang cocok untuk kamu yang ekstrovert

Memilih jurusan berdasarkan tipe kepribadian bisa menjadi perimbangan utama, kalau jurusan yang kita pilih sesuai dengan tipe kepribadian kita, otomatis saat menjalani perkuliahan kita akan lebih "menikmati" dan tidak ada unsur keterpaksaan, hal itu pastinya akan berpengaruh pada kualitas belajarmu. 

Menurut penulis, jurusan yang cocok untuk anak ekstrovert adalah jurusan kuliah yang dalam pembelajarannya akan berinteraksi dengan orang banyak, melakukan kegiatan di luar ruangan, hingga melakukan penelitian secara berkelompok. Selain itu masih banyak aspek yang membuat jurusan-jurusan di bawah ini direkomendasikan untuk kepribadian ekstrovert.

 

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Ekstrovert

Berikut ini daftar lengkap jurusan kuliah untuk kamu yang ekstrovert

1. Ilmu Komunikasi

Dasar untuk menguasai jurusan ini adalah bisa publik speaking, dimana kebanyakan orang yang publik speaking bagus adalah orang dengan tipe kepribadian ekstrovert, walaupun anak introvert juga bisa publik speaking tapi tidak semudah anak esktrovert dalam mempelajari publik speaking. 

Jurusan kuliah ini memang cocok untuk menempati urutan pertama jurusan kuliah yang cocok untuk anak ekstrovert. Jurusan ilmu komunikasi sendiri akan mempelajari berbagai aspek ilmu komunikasi, seperti komunikasi interpersonal, komunikasi massa, komunikasi organisasi, komunikasi lintas budaya, dan lain-lain. 

Banyak kampus yang sudah membuka jurusan ini salah duanya adalah UGM dan UI. Jadi apakah kamu tertarik masuk jurusan ilmu komunikasi?

2. Kedokteran

Memang jurusan ini berfokus pada ilmu medis, tapi dalam praktiknya seorang dokter akan sering berinteraksi dengan pasien dimana kita membutuhkan skill komunikasi yang bagus untuk menangani berbagai kasus pasien. 

Kamu yang ekstrovert pastinya tidak akan terkuras energinya walaupun bertemu dengan orang yang berbeda-beda setiap harinya, beda dengan anak introvert yang cepat habis energinya.

Dibeberapa kondisi, seorang dokter juga harus bisa berbicara didepan umum saat menyampaikan penyuluhan kesehatan.

3. Ilmu Hukum

Masuk dijurusan ini memerlukan bakat negosiasi dan analisa yang bagus, dimana anak esktrovert biasanya mampu melakukan negosiasi yang cukup lincah. Maka dari itu jurusan ilmu hukum juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan kuliah untuk anak esktrovert.

4. Jurusan Pariwisata

Source: unsplash.com

Lulusan jurusan pariwasata biasanya bekerja di industri pariwisata seperti hotel, kapal pesiar, tour guide dan pekerjaan pariwisata lainnya. Dimana pekerjaan-pekerjaan itu akan sering berinteraksi dengan orang banyak, kamu yang ekstrovert akan dengan mudah menangani hal tersebut.

5. Broadcasting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu kriteria jurusan yang cocok untuk anak ekstrovert adalah sering kegiatan di luar ruangan. Nah, jurusan broadcasting sesuai dengan kriteria tersebut. Nantinya kalau sudah terjung ke dunia kerja, pasti kamu akan sering bekerja di lapangan seperti menjadi reporter berita atau kru TV. 

6. Jurusan Teater

Tidak diragukan lagi kalau jurusan teater paling direkomendasikan untuk calon mahasiswa yang punya kepribadian Ekstrovert. Dijurusan ini kita akan mempelajari teori peran, akting, menari, bernyanyi, berekspresi, menyutradai, dan juga tata kostum. 

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa teater, menecerminkan kepribadian ekstrovert yang suka mengekspresikan diri. 

7. Jurusan Hubungan Internasional

source: antaranews.com

Pernah dengar tentang kedutaan besar suatu negara? nah itu salah satu pekerjaan yang bisa dicapai jika kita kuliah di Jurusan Hubungan Internasional. Orang yang punya kepribadian ekstrovert cenderung mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan baru, oleh karena itu jurusan HI ini cocok untuk anak ekstrovert, karena mahasiswa HI dituntut bisa beradaptasi dengan berbagai lingkungan dalam skala internasional. 

8. Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan seperti Guru SD juga menjadi salah satu jurusan untuk anak ekstrovert. Kita akan mempelajari teori, metodologi, hingga praktik keilmuan dari berbagai aspek kependidikan.

9. Jurusan Administrasi Bisnis

Lulusan jurusan ini bisa menempati berbagai posisi pekerjaan salah satunya adalah menjadi staf atau seorang HRD. Rata-rata pekerjaan yang ditempati oleh lulusan jurusan Administrasi Bisnis berhubungan dengan orang banyak. Sehingga jurusan ini menjadi cocok untuk anak ekstrovert.

10. Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah program studi yang fokus pada pemahaman dan penanganan masalah kesehatan di tingkat populasi. Mahasiswa belajar tentang epidemiologi, promosi kesehatan, kebijakan kesehatan, manajemen kesehatan, serta intervensi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit, mempromosikan gaya hidup sehat, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

11. Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi bidan profesional. Mahasiswa mempelajari berbagai aspek kehamilan, persalinan, dan perawatan pasca persalinan baik bagi ibu maupun bayi. Mereka belajar tentang anatomi reproduksi, perawatan prenatal, persiapan persalinan, penanganan komplikasi kehamilan, serta perawatan pasca persalinan. Tujuan dari program ini adalah untuk memastikan kelangsungan proses kehamilan dan persalinan yang sehat serta memberikan dukungan bagi ibu dan bayi selama periode tersebut.


Jadi bagaimana dengan penjelasan jurusan-jurusan di atas, apakah sesuai dengan kepribadianmu yang ekstrovert? 

Posting Komentar

tryout gratis