Tryout UTBK-SNBT Gratis

Pengertian, Sejarah dan Cara Mengikuti SNBT


Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri dan diselenggarakan secara serentak oleh pemerintah. Lalu kita sebagai siswa SMA sederajat apakah wajib mengikuti SNBT jika ingin kuliah di perguruan tinggi negeri? 

Pada artikel ini kita akan bahas lengkap seputar SNBT, mulai dari pengertian snbt hingga cara mengikutinya.

Pengertian SNBT

SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Tes, adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh pemerintah. Ujian ini dilaksanakan menggunakan komputer atau yang biasa kita kenal sebagai Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Ujian SNBT dilaksanakan dengan tujuan agar calon mahasiswa bisa memiliki penalaran, kemampuan dalam memecahkan masalah, hingga meningkatkatkan kemampuan belajar yang tinggi sehingga bisa memahami materi yang akan diajarkan pada program studi spesifik.

Sejarah Adanya SNBT

Sebelum berganti nama menjadi SNBT, dulunya jenis seleksi ini memiliki nama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

Awal mula adanya seleksi tulis ini dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN tulis pada tahun 2008. Hingga pada perkembangannya ujian tulis masuk perguruan tinggi negeri disebut sebagai SBMPTN dan pada tahun 2022 pemerintah kembali mengukuhkan nama baru untuk ujian tulis ini menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) dan juga mengganti nama ujian masuk berdasarkan prestasi menjadi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Sumber: wikipedia

Tujuan Diselenggarakannya SNBT

Melansir dari laman resmi SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) Kemendikbud terdapat 3 tujuan dilaksanakannya SNBT sebagai berikut:

1. Tujuan SNBT yang pertama adalah untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri yang meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keadamaan Islam Negeri (PTKIN).

2. Membuka kesempatan bagi setiap calon mahasiswa untuk mengikuti tes diberbagai lokasi.

3. Tujuan ketiga dari pelaksanaan SNBT adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di PTN dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN

4. Terakhir, agar semua calon mahasiswa bisa memilih PTN secara lintas wilayah.

Cara Mengikuti SNBT

Bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNBT, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

1. Telah memenuhi persyaratan peserta SNBT

2. Membuat akun SNPMB

3. Mendaftar sebagai peserta SNBT dan membayar biaya pendaftaran

4. Memilih PTN tujuan dan program studi (harus mengikuti pedoman pemilihan program studi snbt).

5. Mengikuti UTBK di Pusat UTBK

Perguruan tinggi negeri akan menyeleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer dan akan menerima calon mahasiswa sesuai dengan kuota jurusan jalur snbt tersebut.

Setiap PTN memiliki standar dan kriteria nilai masing-masing. 

Materi Tes UTBK SNBT

Adapun materi tes UTBK-SNBT berdasarkan peraturan terbaru akan terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk menilai kemampuan kognitif yang dianggap esensial untuk sukses dalam pendidikan formal, terutama di tingkat pendidikan tinggi. 

Dalam TPS, akan dievaluasi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Komponen Kemampuan Kuantitatif akan mencakup Penguasaan Matematika Dasar. Jika ingin melatih kemampuan dalam menjawab soal-soal TPS kita bisa mengikuti tryout utbk snbt melalui platform Simbus PTN.

Keterampilan Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan individu untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks guna memecahkan masalah serta mengembangkan kapasitas sebagai anggota masyarakat Indonesia dan global yang produktif.

Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari di berbagai konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia maupun dunia.


Demikian informasi mengenai SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes). Semoga informasi di atas bisa membantu teman-teman yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri lewat jalur ini.

TerlamaLebih baru

Posting Komentar

tryout gratis